05 Agustus, 2011

Cutis



Hi readers!
Gimana puasanya? Semoga semuanya tetap semangat hingga hari terakhir nanti. Jangan hanya semangat di awal-awal bulan puasa saja ya. Semoga iman dan takwa kita dalam menjalankan ibadah tetap bertahan stabil hingga hari kemenangan tiba. Bahkan diluar bulan Ramadhan sekalipun. Amin. :)


Saya pun tetap bersemangat menjalankan sahur, puasa, dan tarawih hingga saat ini. Puasa ketika hamil sangat berat dan berbeda dengan ketika tidak sedang berbadan dua. Ketika sahur, saya sudah seperti sapi gelonggong! Harus banyak sekali minum air putih, juice, dan susu ibu hamil, tidak lupa makan nasi dan lauk lengkap agar gizi dan nutrisi bayi saya tetap terjamin meski akan 'kosong' selama 12 jam lebih. Begitu juga saat berbuka. Bahkan usai tarawih saya harus lanjutkan lagi makan minimal dengan cemilan sehat. Intinya, saya harus tetap menjaga pasokan makanan dan cairan tetap sama seperti ketika tidak berpuasa. Menu makanan tetap lengkap, ada nasi, daging-dagingan atau ikan, sayur-sayuran, telur, lauk pelengkap, dengan porsi  yang seimbang. Air mineral juga harus tetap minimal 8 gelas sehari (3 gelas saat sahur dan 5 gelas setelah berbuka).


Hal itu tidak mudah lho dijalankan. Mengingat saya tadinya (ketika belum hamil) tidak terbiasa sahur dan berbuka sebanyak itu. Tapi jika ingin tetap berpuasa, dengan niat karena ALLAH dan agar kelak bayi ini menjadi anak yang sholeha, baik akhlaq-nya karena sudah diajarkan bagaimana menahan hawa nafsu, lapar, dan haus sejak masih di dalam kandungan, maka saya harus disiplin agar saya dan bayi tetap sehat selama menjalankan ibadah-ibadah di bulan suci Ramadhan. 


Kadang ketika melaksanakan tarawih, karena bobot tubuh yang sudah sangat berat terutama di perut, saya sering kelelahan dan pusing sampai pandangan terlihat kabur atau 'kunang-kunang'. Akhirnya saya tarawih sambil duduk saja. Yakinlah bahwa ALLAH tidak pernah memaksakan atau berniat menyusahkan hamba-Nya. Pasti Ia mengerti. Shalat pun boleh sambil duduk atau berbaring dengan hanya menggunakan kelopak mata jika kita memang tidak sanggup lagi (misalnya karena sakit parah atau lumpuh).


Well, I'm not gonna talk about fasting. On this new post, I would like to discuss about skin! Yes, Cutis means 'Skin' in english. 
Kulit adalah organ terbesar dan terluas dari tubuh kita sekaligus juga yang terpenting dan terluar. Kulit-lah yang membungkus otot-otot kita, daging, tulang, organ-organ dalam, serta pembuluh-pembuluh darah dan saraf. Karena itu, kulit perlu sekali untuk dirawat dan dijaga kelenturan, kelembaban, serta kecantikannya.


Sebagai umat islam, memang sebagai perempuan kita diperintahkan untuk menutup seluruh aurat. Termasuk berarti sebagian besar kulit kita kecuali wajah, telapak tangan, dan telapak kaki (sebagian ulama mengatakan telapak juga mencakup punggung tangan dan kaki). Tapi hal ini menurut saya tidak kemudian membuat kita jadi malas merawat dan mempercantik kulit meskipun tidak untuk diumbar. Terutama bagi saya, sebagai istri, saya memiliki tanggung jawab pada suami untuk selalu menjaga penampilan. Agama pun memerintahkan para suami dan istri untuk selalu mempersembahkan yang terbaik dari diri kita bagi pasangan.


Suami saya dari sejak sebelum menikah, pernah bilang, "Sayang, kalau nanti kita udah nikah, kamu harus tetap selalu rajin perawatan ya. Kaya sekarang gini. Kamu tetap jadi kamu yang suka ke salon atau spa. Aku janji, kalo untuk perawatan, pasti aku penuhin biayanya. InsyAllah selalu ada kalo buat treatment kamu."


Lucu memang sebagai lelaki kok malah dia yang minta saya perawatan, bukannya saya sendiri. Tapi saya senang. :) Saya tak serta merta menganggap omongan suami saya sebagai 'ancaman', yang mana jika kelak saya tak merawat tubuh lagi dan menjadi 'jelek' lantas saya akan ditinggalkan. Itu adalah pikiran yang pendek. Justru saya menganggap omongan suami saya sebagi motivasi agar saya selalu care terhadap penampilan. Suami saya ingin saya selalu merawat diri dan selalu terlihat cantik dimatanya, maka sebagi istri, itu adalah 'perintah' yang harus saya patuhi (well, dengan senang hati tentunya. Siapa sih wanita yang tidak suka memanjakan diri di salon atau spa selama itu tidak lantas melalaikan dan mengorbankan tugas dan kewajiban lainnya, apalagi jika kelak sudah memiliki anak).


Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa orang yang sudah menikah memiliki dua kali lipat resiko terkena obesitas ketimbang mereka yang single. Hal tersebut setelah diobservasi, dikarenakan para pasangan menikah merasa sudah mencapai tujuan hidup dan nyaman dengan status yang disandang. 


Omongan suami saya diatas membuyarkan semua itu. Bahwa ia membuat saya berpikir tidak dengan lantas sudah menikah lalu saya cukup santai-santai dan membiarkan tubuh saya 'melar' atau gemuk berlebihan tak terawat. Justru saya menjadi terpacu untuk tetap memiliki tubuh ideal seperti ketika saya belum menikah dulu. Memang sih, saat ini saya sedang hamil dan tidak mungkin saya bisa tetap memiliki tubuh langsing seperti dulu, namun setelah melahirkan, insyALLAH saya yakin saya bisa. Dengan kembali berolahraga rutin, minimal jogging di pagi hari bersama suami mengelilingi komplek rumah kami kelak di daerah, apalagi saya bertekad memberikan ASI ekslusif (ASIX) dan merawat sendiri buah hati kami (tanpa jasa babysitter). Kata teman-teman yang sudah lebih dulu punya anak sih, dengan menyusui dan merawat bayi sendiri, meskipun tetap banyak makan, tapi tubuh akan jauh lebih cepat susut setelah melahirkan. AMIN! :D


Saya percaya dengan menjaga tubuh tetap sehat, hidup lebih sehat (dengan makanan dan istirahat yang cukup), dengan sendirinya kulit kita pun akan memancarkan keindahan dan juga ikut sehat. Merawat tubuh dan menjaga kesehatan juga berarti merawat dan menyehatkan kulit.


Kebiasaan buruk seperti 'begadang' sangat merusak kulit karena regenerasi sel-sel kulit kita terjadi ketika pukul 02.00-03.00 dan kita diharuskan tidur jauh sebelum itu jika mau pergantian sel-sel kulit kita prosesnya lancar dan baik. Tidur kurang dari 8 jam sehari juga membuat kulit jadi kusam. Apalagi kebiasaan buruk lain yakni merokok. Merokok tidak hanya merusak kulit tapi juga gigi, kuku, dan rambut. Mungkin bagi anda yang masih muda dan belum puluhan tahun merokok belum merasakan efek-nya saat ini, tapi lihatlah nanti ketika umur anda sudah mencapai 40-an tahun (atau bahkan sebelum itu), bandingkan dengan kondisi mereka yang selalu hidup sehat dengan makanan dan minuman yang sehat, olahraga rutin, dan tidak merokok. 


Sebagai umat islam pun, bagi yang lelaki atau perempuan diharamkan untuk men-tattoo kulit (yang permanent). Baik yang mentato ataupun yang minta dibuatkan tato sama-sama dilaknat ALLAH. Bukan hanya karena sifatnya merusak atau mengubah apa yang diciptakan ALLAH dan menghalangi masuknya air wudhu, tapi tattoo juga dari segi kesehatan terbukti merusak kulit, dapat menyebabkan infeksi, atau komplikasi lainnya pada kulit.


Saya tidak pernah di tattoo seumur hidup saya dan insyAllah tidak akan mau. Sekalinya saya pernah di tattoo (tapi temporary, bukan permanent) adalah ketika berlibur di Bali dan di Malaysia bersama keluarga. Iseng-iseng bersama sepupu-sepupu ketika di pantai atau ketika bertamasya ke suatu kuil di Malaysia dan ada orang menawarkan jasa lukis tubuh (tangan atau kaki). Itupun dengan tinta hyena yang dari bahan alami yaitu tumbuhan dan sifatnya hanya bertahan seminggu atau dua minggu di kulit. Terakhir saya di tattoo dengan menggunakan hyena adalah saat saya hendak menikah yaitu sehari sebelum acara "malam bainai" (adat minang). Ada pelukis khusus dari arab (perempuan) yang dipanggil kerumah untuk melukis tangan dan kaki saya.

My hands and feet before "Malam Bainai" celebration

Saya memang selalu mengutamakan bahan-bahan alami untuk dipakaikan ke tubuh saya. Setiap kali membeli produk perawatan kulit, saya pasti memperhatikan komposisi yang digunakan yang terkandung dalam produk tersebut dan selalu mengutamakan yang tercipta dari tumbuh-tumbuhan. Karena menyukai segala yang alami, saya tidak suka memakai make up untuk berpergian sehari-hari. Cukup occasionally atau ketika ada event tertentu yang menuntut saya untuk harus menggunakan make up.

What's in my make up bags

Saya juga sama sekali tidak pernah memakai bedak atau foundation. Untuk berpergian keluar rumah cukup memakai pelembab wajah, sisir alis dengan bulu maskara yang sudah kering (saya tidak pernah memakai pensil alis), bubuhkan sedikit eyeliner, jepit bulu mata lalu usapkan sedikit mascara (satu usapan saja), lalu lipgloss. That's it! I'm ready to go. Blush on dan eyeshadow hanya digunakan jika ada event seperti wedding party atau acara-acara khusus lainnya.
Dengan membiasakan wajah bebas make up, berarti kita membiarkan pori-pori kita bernafas lega. Pemakaian make up yang berlebihan akan menyumbat pori-pori karena tidak semua kosmetik bisa bersih dengan benar-benar tuntas dari kulit kita. Ada yang tetap menyisa meski kita sudah memakai pembersih (make up removal) sekalipun.

Karena kita tinggal di daerah beriklim tropis yang cenderung kering dan panas udaranya, saya merekomendasikan Evian Facial Spray atau boleh juga Vitamin C Energizing Face Spritz from The Body Shop untuk sesekali disemprotkan ke wajah ketika sedang berpergian keluar rumah. Tidak hanya di outdoor, namun terlalu banyak terkena Air Conditioner di dalam ruangan juga menyebabkan kulit menjadi kering.

Vitamin C Energizing Face Spritz from The Body Shop

More recommended products menurut saya adalah:



* Untuk blush on: Dior Blush Edition Dentelle (saya menggunakan nomor 832 Rose Vintage Pink) karena hanya dengan sedikit sapuan menggunakan blusher, tidak perlu berkali-kali sudah terlihat rona warnanya dan tetap ringan.

* Untuk eyeshadow, saya memilih Bobbi Brown (nomor 4) karena warna-warnanya begitu netral dan lembut. Gradasi pallet-nya dari coklat paling tua, bronze, cream, hingga putih shimmer (ada 6 pallet warna).

* Untuk lipgloss, saya punya banyak sekali pilihan mulai dari MAC Lustreglass nomor 2, Born Lippy Strawberry lipbalm from The Body Shop atau NIVEA Fruity Shine yang strawberry sebagai alas, hingga lapisan terluar yaitu Maybelline Fruity Jelly. Kalau sesekali harus memakai lipstick, saya memilih Dior nomor 9 karena warnanya sesuai dengan warna asli bibir saya jika ditambah 1 tone lebih terang dan lebih pinkish.


* Untuk urusan mata (ini termasuk yang paling penting dan harus ditonjolkan karena saya memiliki mata besar dan bulu mata yang cukup panjang dan lentik), saya sangat merekomendasikan Shu Uemura eyelash curler karena hanya dengan sekali jepit, voila! Bulu mata menjadi begitu lentik alami. Untuk eyeliner saya menggunakan 01 Eye Deviner Shade Black dan Big and Curvy Mascara yang terbaru dari The Body Shop. Jangan lupa membeli eye mask untuk dipakai ketika tidur. Sebaiknya beli yang berisi gel bukan yang bulu-bulu karena jauh lebih nenyejukkan dan mata menjadi lebih segar ketika bangun pagi.

Eye Mask from The Body Shop

Saya suka ke salon paling tidak 2 minggu sekali. Untuk hairspa, hairmask, manicure, pedicure, facial, body scrub, sauna, dan ear candle therapy. Yang rutin 2 minggu sekali adalah hairspa, lalu diselingi dengan hairmask. Jadi, dalam sebulan, saya hairpa satu kali dan hairmask satu kali. Untuk hairspa saya selalu menggunakan cream dan serum dari L'Oreal. Sedangkan untuk hairmask, saya suka aroma green tea atau strawberry. Jarang sekali aroma chocolate atau vanilla karena suami saya tidak terlalu suka. "Terlalu manis wanginya", katanya. :D
Tidak perlu berlebihan merawat rambut, karena jika terlalu sering juga malah tidak bagus. Cukup 2 minggu sekali dan sisanya keramas dirumah 2 hari sekali dan jangan gunakan hair dryer. Biarkan rambut kering alami dengan dibungkus handuk saja lalu kering dengan angin. Sebaiknya hindari pewarnaan rambut karena zat kimia yang menyengat dan keras ketika mencat rambut sangat tidak baik dan merusak rambut. Hindari juga terlalu sering blow dry atau blow variasi di salon. Alhamdulillah sejak saya memakai jilbab, rambut saya jadi lebih sehat karena tidak lagi terlalu sering di blow di salon seperti dulu. Malah dengan tertutup jilbab, rambut jadi semakin lembut karena terhindar sinar matahari.

Sedangkan untuk perawatan lain di salon atau tempat spa seperti manicure, pedicure, facialbody scrub, sauna, dan ear candle therapy cukup sebulan sekali saja. Tapi ketika hamil, stop dulu ya saunanya. :)

The best Hair Spa product! 

Foot Massage before starting pedicure treatment

Ear Candle Therapy

I also love to go to every spa. Try new different things. And here are some of the best ones in my opinion:

1. Dian Kenanga

Saya terutama paling suka Dian Kenanga yang di Pejaten, Jakarta Selatan. Karena tempatnya paling luas dan paling baru. Memang sih judulnya tempat totok aura. Tapi tidak ada kaitannya dengan mistis kok. Disini kita di massage dengan teknik totok. Saya suka totok aura wajah, totok aura tubuh (sudah termasuk totok vagina), lalu totok aura payudara. Manfaatnya banyak sekali. Ambillah brosur atau pamflet yang ada di meja resepsionis dan kasir ketika anda pertama kali datang ke Dian Kenanga untuk tau berbagai macam khasiat totok aura. Saya belum pernah mencoba totok getar syaraf. Ada yang mungkin sudah pernah mencoba? Boleh dong sharing bagaimana pengalaman anda. ;)

Ketika menjelang pernikahan, saya mengambil paket pra-wedding di Dian Kenanga untuk perawatan selama 5 bulan sebelum menikah. Bisa juga lho berdua dengan suami anda. Tetapi beda bilik kamar/kabin. Setiap kamar hanya ada satu single bed. Yang lelaki akan dipijat oleh therapyst laki-laki, yang perempuan oleh therapyst perempuan. So, no worries! ;)


more details, click: www.diankenanga.com


Waiting Room Dian Kenanga Pejaten

2. Tea Spa

Tea Spa di Senopati, Jakarta Selatan. Berlokasi persis di lantai atas Tea Addict. Jadi, setelah spa bisa duduk-duduk menikmati cemilan atau minum tea/coffee di Tea Addict. :)
Saya baru sekali sih mencoba Tea Spa ini, but I definitely will come back! Spa yang ini unik! Karena seluruh perawatannya menggunakan ramuan teh sebagai bahan dasarnya dan merupakan yang pertama di Indonesia.

Karena spa disinilah saya baru tau kalau setiap golongan darah ada teh yang tepat untuk dikonsumsi dan ada yang tidak. Setiap tamu yang datang akan disuguhi teh sesuai dengan golongan darahnya. Karena saya golongan darah O, saya disuguhi peppermint tea yang memang sudah menjadi teh favorite saya! Saya suka sekali mint baik itu untuk dicampur ke dalam teh ataupun coklat batangan ataupun ice cream! (yes, i looovee choco mint ice cream!) :9

Bagi anda yang golongan darah-nya A dan B akan disuguhi ginger tea. Dan bagi yang AB, you'll get lemon tea. :)




3. Taman Sari Royal Heritage Spa

Saya pertama kali mencoba Taman Sari Royal Heritage Spa di Bintaro lalu yang kedua kalinya di Palembang saat saya ikut suami dinas di sana. Ternyata yang di Palembang tidak kalah bagus lho dengan yang di Jakarta. Taman Sari Royal Heritage Spa menyuguhkan tempat yang sungguh nyaman, dengan penataan cahaya yang remang-remang, dan sebagaimana tempat-tempat spa pada umumnya, dilengkapi dengan musik yang menenangkan selama kita menjalani perawatan, seperti desiran air terjun, bunyi gemericik air, hingga kicauan burung. Perawatannya khas Jawa dengan berbagai ramuan rempah dan jamu. Very traditional but very relaxing. :)

more details, click: www.tamansariroyalheritage.com





Ketika sedang di Palembang, saya juga pernah mencoba sebuah tempat spa bernama Rumah Spa. Tapi saya pribadi sih lebih merekomendasikan Taman Sari Royal Heritage Spa. Sewaktu di Bali, saya juga pernah mencoba sebuah tempat spa yang cukup unik berbagai perawatannya. Semua produknya dari Jepang dan kebanyakan menggunakan madu. Jika ingin membayar lebih murah, justru saya sarankan anda menggunakan mata uang US Dollar. Harganya malah jadi jauh lebih murah ketimbang anda membayar dalam rupiah. Mungkin karena diperuntukkan khususnya bagi para turis asing. Para therapyst-nya pun kebanyakan berbahasa inggris. Dan ketika saya kesana, sedang banyak turis dari Thailand dan Hong Kong. Sayang sekali saya lupa nama tempatnya. Namun seingat saya tak jauh dari Kuta Square.

4. Rumah Cantik Citra (RCC)

Dulu ketika masih kuliah di UI Depok, saya dan teman-teman kampus hobi sekali mampir ke RCC sepulang kuliah atau ketika break cukup panjang antar kelas. Ketika itu RCC baru hadir di Depok dan tempatnya cukup nyaman. Ada ruangan khusus bergaya Jepang lengkap dengan tatami dan ada juga ruangan bergaya Jawa. Semua tergantung kita memilih perawatan yang mana. Massage-nya pun beraneka ragam mulai dari Tuina, Himalayan, Javanese, dan lain-lain.

more details, click: www.rumahcantikcitra.co.id


Me and campus mates having treatment at Rumah Cantik Citra, Depok

5. Mom n Jo


Karena saat ini saya sedang hamil, saya rutin maternity (pregnancy) spa sebulan sekali di Mom n Jo. Semua therapyst di Mom & Jo bersertifikat dan dibawah lisensi khusus kedokteran terutama spesialis kandungan sehingga aman bagi bumil. Karena itulah therapyst-nya tau sekali titik mana yang harus dipijat dan bagaimana membuat nyaman posisi bumil saat dipijat, dengan meletakkan bantal-bantal kecil dan guling kecil. Mom n Jo tempatnya nyaman, bersih, design interior bagus dan menenangkan. Segi backsound & lighting yang menunjang relaksasi juga sangat diperhatikan. Misalnya ketika saya dimassage, pencahayaan redup dengan musik yang sesuai. Saat berendam dibuat lebih redup dan ditambah dengan cahaya lilin-lilin aromatherapy. Semua produk yang digunakan wanginya lembut dan kandungannya alami. Pilihan scrub-nya: honey oatmeal/white glow/chocolate/kiwi/strawberry. Oil massage yang digunakan adalah grape seed oil yang sangat bagus untuk bumil. Diimpor langsung dari Amerika dan hanya diproduksi pada musim-musim tertentu. Kalau di tempat spa biasa, umumnya kan kita dimassage dulu baru kemudian discrub, berendam, bilas. Tapi justru di Mom & Jo, massage justru terakhir. Kenapa? Kata therapyst-nya, setelah di-massage, pori-pori kulit kita terbuka dan bisa masuk angin kalau berendam. Jadi sebaiknya kalau spa, massage harusnya jadi ritual yang paling terakhir.
Manfaat Maturity Spa: suplai nutrisi & oksigen ke janin jadi lebih lancar, ibu & janin jadi lebih sehat, mengurangi stress, stretchmark, & kram.

Oh ya, sekedar info, Mom n Jo yang di Dharmawangsa Square akan segera ditutup dan pindah ke Dharmawangsa juga tapi di sisi jalan. Bukan di dalam Dharmawangsa Square lagi. Jadi tempatnya akan jadi lebih luas. Untuk saat ini, therapyst-therapyst senior sementara ditempatkan di Mom n Jo MOI (Mall of Indonesia). 

more details, click: www.momnjo.com





6. Bali Spa

Berlokasi di Manhattan Hotel, Kuningan, Jakarta. Saya hanya pernah mencobanya dua kali. Saya suka tempatnya dan juga dilengkapi gym. Namun yang paling saya sukai adalah sebelum spa, kita bisa berenang terlebih dahulu di swimming pool lantai 8. Saya suka sekali pemandangannya ketika kita berenang di sore atau petang menjelang malam. Kita bisa berenang sambil menikmati view kota jakarta di malam hari yang dipenuhi lampu-lampu cantik. Worth to try! :)

First time I try "Balinese Spa" with my best friend, Nadia

Manhattan Hotel's Swimming Pool on it's 8th floor and the view I'm talking about. :)

I also love Fish Spa! Coba nikmati perawatan ini terutama setelah seharian berbelanja di mall. Dijamin pegal-pegal di kaki hilang seketika. Apalagi jika ditambah refleksi-nya sebelum mencebur ke kolam berisi ratusan Doctor Fish ini. Saya suka Fish Spa di Kenko, Senayan City. Kalau mau yang bisa mencebur full body (hingga leher), anda dapat berkunjung ke Kenko yang di Grand Indonesia.
Tidak usah percaya dengan rumor yang beredar semacam black campaign atau black mail atau broadcast message tidak jelas about this Fish Spa treatment. I believe it's not true. Rumor itu mengatakan Fish Spa bisa menularkan AIDS. Lah, wong ikannya saja mati jika menghisap darah kok. Maka itu, sebelum kita menceburkan kaki ke kolam, para petugas akan terlebih dahulu membersihkan dan mencuci kaki kita. Kaki yang sedang terluka dilarang melanjutkan perawatan atau mencebur karena bisa mengakibatkan ikan-ikannya mati. So, don't worry, it's 100% safe. :)

I love Fish Spa!

Tidak hanya perawatan di luar rumah, tapi juga ketika sedang berada di rumah, sehari-hari saya juga merawat diri dengan berbagai produk perawatan kulit yang simple, affordable, but it has good qualities and great effects tho. Tidak perlu terlalu 'ribet' yang penting rutin. Terutama yang terpenting adalah daerah mata dan sekitar mulut. Karena bagi wanita, dua spot itu adalah yang paling cepat keriput atau menua. Penting untuk mencari eye cream terbaik. Tidak apa mahal sedikit, it's an investment untuk dihari tua nanti. :)

I reccomend an eye cream from L'Occitane:

Regard Divin. Immortelle eye cream from L'Occitane

Cukup dipakai ketika malam hari hendak tidur. Hanya perlu seukuran setitik beras di jari anda, lalu tepuk-tepukkan secara merata dengan jari anda ke kelopak mata atas dan kantung mata bawah. Ingat, jangan pernah menggosokkannya karena justru menggosok mata bisa mengakibatkan kerutan! Karena itu juga jangan sering mengucek mata jika kelilipan debu atau mata iritasi. Pejamkan mata atau teteskan obat tetes mata.

Yang paling penting adalah setiap hari kita mencuci muka minimal 2 kali sehari. Yaitu ketika mandi pagi dan sore hari. Jangan lupa gunakan pelembab (krim siang) dan krim malam. Saya menggunakan serangkaian produk Vitamin E dari The Body Shop dan juga ditambah serumnya untuk dipakai di malam hari sebelum memakai night cream.

Facial Wash, Daily Cream, Moisture Serum, and Night Cream

Jangan lupa selalu memolesi seluruh tubuh dengan pelembab setiap kali habis mandi. Boleh body lotion, body butter, body creme, atau body souffle. Saya sampai menaruhnya di kamar mandi agar tidak lupa. Ini sangat penting karena sesungguhnya ketika mandi justru kelembaban alami tubuh kita diserap oleh sabun mandi. Memang sabun mandi yang mengandung moisturizer melembabkan kulit kita, namun sebenarnya ia sekaligus juga menyerap kelembaban alami yang ada. Sejak dulu, saya menggunakan White Musk Voluptuous Velvet Body Creme karena saya sangat suka wanginya dan kelembutannya. Pun tidak lengket di kulit.

White Musk Voluptuous Velvet Body Creme

Namun sejak saya hamil, saya memilih Body Souffle yang memiliki tingkat kelembaban lebih 'dahsyat' lagi jika dibandingkan body creme, body butter, atau body lotion. Ya, tentu saja untuk mencegah stretchmark. :)
Sebagai tambahan, setiap pagi saya juga memoleskan minyak zaitun dan pada malam hari sebelum tidur, saya menggunakan krim khusus yang katanya sudah terbukti bisa mengurangi guratan-guratan kehamilan itu yang sudah saya rutin pakai sejak usia kandungan saya masih 4 bulan. Namanya: Stretch Nil. Bisa delivery order, bisa juga didapat di Century atau Guardian terdekat.

Morocco Spa Wisdom. Argan Oil & Orange Blossom Body Souffle

Stretch Nil to prevent stretchmark and Olive Oil

Jika terhalang kesibukan dan tidak sempat ke salon atau spa, bisa juga anda melakukan perawatan salon sendiri di rumah dengan membeli krim creambath atau hairspa atau hairmask, lalu body scrub dan berendam di bath tub. Sesekali saya juga suka melakukannya. Dengan memasang lilin aromatherapy dan meredupkan lampu kamar mandi ketika berendam, kita bisa merasakan nyaman seperti di tempat spa. Membuat ramuan masker wajah sendiri dari bahan-bahan alami yang ada di dapur rumah seperti madu, oatmeal, yoghurt, putih telur, garam, ketimun, atau buah-buahan juga mengasyikkan. Bahkan kita bisa facial sendiri di rumah. Oma, Mama, dan Tante-Tante saya membeli peralatan Galvanic Spa from Nu Skin lengkap dan mereka saling membantu mem-facial satu sama lain di rumah. :)

more details, click: www.nuskin.com




Untuk memperkaya wawasan akan kecantikan dan perawatan kulit, rambut, kuku, dan lainnya, selain dari majalah, jangan lupa gunakan teknologi internet dan social media. Saya suka sekali membaca timeline Twitter @MyTipsCantik dan tentu saja saya mem-follow-nya. Admin-nya adalah seorang wanita cantik bernama Harumi yang sangat inspiratif dalam segi kecantikan dan perawatan kulit. Dia juga memiliki website yakni: www.mytipscantik.com 
open it and you will love it! Don't forget to follow her tweets! :)
Harumi juga sangat ramah, beberapa kali ia menjawab e-mail saya yang bertanya tentang produk-produk kecantikan dan perawatan kulit. Beberapa kali ia juga pernah me-retweet tweet-tweet saya. :)




Diluar itu semua, as what i already mention above, jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang sehat seperti buah dan sayur, juga minum air mineral yang cukup. Dulu bahkan saya pernah memakai gelang-gelang kecil berjumlah 8 buah di kiri dan setiap kali sudah minum 1 gelas, it means 1 gelang dipindahkan ke tangan kanan, dan seterusnya hingga 8 gelas habis saya minum setiap harinya. Just for a reminder. :)
Saya alhamdulillah sama sekali bukan penggemar soda. Bahkan sudah lebih dari 7 tahun terakhir ini saya tidak pernah menyentuh soft drink semacam Coke, Fanta, Sprite, dan sejenisnya. Minuman yang paling sehat adalah air mineral. Bolehlah sesekali teh atau kopi, atau susu. But i'll say NO to soda atau minuman berkarbonasi lainnya.
Jangan lupa juga untuk selalu berolahraga. Saya bukan tipe yang suka ke gym. Kecuali dulu ketika saya di Australia, ya saya cukup sering ke Fitness First dan menjadi member-nya. Namun saya sebetulnya lebih suka olahraga diluar ruangan seperti di Taman Jogging misalnya, sambil menikmati pemandangan hijau rerumputan, tumbuh-tumbuhan, dan udara segar. Tentu saja speatutnya mencari taman kota yang dilengkapi alat indikator digital penunjuk tingkat kesegaran udara dan polusi yang terpampang besar. Banyak kok sekarang terdapat dimana-mana. Hindari jika sudah terlalu siang, saat kendaraan sudah banyak berlalu-lalang. Saya juga suka berlari di tepi pantai bersama keluarga jika hari libur, mencium bau asin air laut dan merasakan deburan ombak. Atau juga di Gelora Bung Karno, Senayan sambil mencicipi berbagai menu sarapan lezat sesudah berlari. Whatever or wherever you choose, yang penting berolahraga dan berkeringatlah! Kulit akan menjadi sangat segar. Tubuh pun sehat.


I'm not so into gym

Daddy and me. Jogging at the sea side

Well, I think that's all I can share about how I treat my skin. Of course you can have it your own way. In my own opinion, tidak ada perawatan yang berlebihan selama itu sifatnya hanya merawat dan menjaga apa yang sudah ada di tubuh kita tanpa merubah atau menambah atau menguranginya. Jika sifatnya sudah melibatkan pisau bedah dan ruang operasi, itulah yang saya katakan berlebihan dan bukan lagi sifatnya 'merawat' atau 'perawatan'. Percayalah bahwa apa yang Tuhan berikan pada tubuh kita dan bagaimanapun itu bentuk atau kondisinya, itulah yang terbaik karena sebagai pencipta, Ia yang Maha Mengetahui. But as long as what you do is to make it or keep it healthy, please do. Have a fabulous beauty and glowing healthy skin, people. You're all as gorgeous as what you think! Just be confident! :)



1 komentar:

  1. Hi.. mau tnya stretch nilnya ngefek buat stretch mark yg masih merah atau yg udah berbekas putih ? Trims

    BalasHapus