10 September, 2011

Lorem Ipsum

Saya sukaaa sekali di foto. :)

Yes, I love to be the object of some photoshoot. I love being captured by camera. A lot. :)
I do realized that I am not that photogenic or a cameragenic one. 
Banyak sekali orang yang bilang saya jauh lebih 'enak' atau lebih 'bagus' dilihat aslinya daripada di foto.
Makanya terkadang lucu kalau mengingat dulu saya cukup sering di foto untuk iklan atau majalah.
Yup, I used to be a model for some print advertising or other commercial or promotional stuff.
Pernah untuk print ad berbagai macam produk mulai dari vitamin, permen, bank, sampai alat elektronik.
Pernah juga beberapa kali iseng bareng-bareng teman-teman SMA ikutan Gadis Sampul dan Go Girl! Look.. Eh..lumayan lho lolos sampai tahap finalis. :D
Pernah juga saya difoto untuk rubrik tatanan rambut di majalah Cosmogirl!

Bahkan saya pernah ditawari ikut shooting oleh seorang pencari bakat. Yah, saya coba.. Tapi baru beberapa scene saja sudah memakan waktu seharian dari siang hari sampai pukul 3.00 dini hari. Mama dan supir saya yang menunggui saya di lokasi shooting sampai ketiduran di mobil. Saya tidak tega. Tapi mama bersikeras menemani. Takut saya kenapa-kenapa, katanya. Akhirnya saya berhenti saja tanpa menuntaskan peran saya. Daripada mama sakit cuma gara-gara 'nungguin' saya shooting. :(
Badan saya sendiri memang tidak kuat kalau terlalu kelelahan. Saya rentan terkena thypus sampai sudah pernah di opname bahkan lebih dari 3 kali karena penyakit yang satu itu. Makanya saya salut sama artis-artis stripping sinetron. Stamina dan perjuangan mereka berul-betul hebat lho. :D

Padahal ya itu tadi.. Betul kalau dibilang saya sangat amat tidak photogenic nor cameragenic.. Saya sendiri suka merasa aneh kalau melihat diri saya di layar atau di foto. Kok aneh sih seperti bukan saya. Tapi herannya kenapa dulu tetap laku-laku saja ya? Haha.. Well, I guess it look a bit good because I just love to do it. So I got the feel and everybody also can see it thru the photos.

Not only for commercial stuff, but I also love to be captured by camera spontaneusly atau sekedar iseng saat pergi kesana-kesini dengan orang-orang terdekat. Digital Camera adalah sesuatu yang wajib selalu ada di dalam tas saya.
If you take a look at my Facebook (you have to be my friend first on Facebook because my photos are can only viewed by my friends only), you'll see I have sooooo many photos and pictures. I captured almost everything! Including my self! :p

Saking seringnya foto-foto dan meng-upload-nya di Facebook, one day, a professional photographer found me on Facebook few years ago. His name is Denny Ramon Ratulangi. Dia mengirimi saya message di Facebook untuk menawarkan saya jadi model-nya. Bukan untuk iklan atau apapun yang bersifat commercial. Hanya untuk koleksi pribadi-nya atau portfolio. Saya membalas oke, tapi saya mau lihat koleksi-koleksi hasil jepretannya dulu dan tentunya saya tanya apa saya boleh memiliki hasil-hasil fotonya nanti setelah ia memotret saya. Dia berkata boleh dan memberikan saya link-link ke karya-karyanya yang oh super duper amazing! Take a look here:


on Multiply: http://ratulangi.multiply.com/
on Devianart: http://ratulangi.deviantart.com/
on Jakarta Photo Club: http://www.jakartaphotoclub.com/public/denra/
or of course on Facebook: http://www.facebook.com/pages/RATULANGI-PHOTOGRAPHY/122163122017?ref=mf

Akhirnya kami berangkat hunting lokasi esok harinya pagi-pagi buta. Saya tidak membawa banyak baju. Hanya beberapa mini dress seadanya and I don't even wear any make up on! Saya dan Mas Denny memang sepakat untuk mengambil foto-foto dengan konsep alami. Se-natural mungkin.
Dan inilah beberapa hasilnya... :)








Ketika hari mulai hujan, saya malah semakin bersemangat dan menghasilkan beberapa foto dengan tema basah-basahan. Seru sekali! It's a one unique experience I've ever had. :)






Pengalaman difoto lainnya yang begitu unik dan menyenangkan adalah ketika saya menjadi model untuk print ad supplemen kalsium wanita. Ketika itu baru tahun berapa ya.. Hmm.. Sekitar 2005 atau 2006 and I was already paid 7.000.000 rupiahs cuma untuk difoto dari pagi sampai sore. I also got free coffee break's snacks, free lunch, etc. Yang membuatnya begitu mengasikkan adalah kru-krunya. The crew was so nice and very friendly. Mereka memperlakukan saya dengan ramah sekali mulai dari ketika dimake up, saya dipanggilkan hair stylist dan orang dari nail art untuk khusus me-manicure pedicure kuku-kuku saya terlebih dahulu sebelum memulai sesi pemotretan. Karena jari-jari saya nanti ikut difoto jadi harus tampil oke kata mereka. Saya juga diberi pilihan berbagai accessories seperti necklace and earrings untuk dipakai during the photoshoot. Juga tentunya berbagai baju dan berganti-ganti model rambut. :D









Tempat pemotretannya juga menyenangkan. Di sebuah studio milik sepasang suami istri yang sama-sama memiliki passion di bidang photography. They're so cool. Mereka sangat baik bahkan menawarkan saya berbagai tawaran iklan produk lainnya. Mereka bilang saya memiliki bakat di depan kamera. Well, I don't believe it's true mengingat saya kadang merasa tidak 'pede' melihat hasil foto saya yang menurut saya selalu 'tak seindah aslinya'. :D














Pernah juga saya dan teman saya mengikuti kontes foto untuk Vaseline website. Kami menggunakan konsep piknik dan difoto beberapa teman yang memang hobi dan jago fotografi. Menyenangkan dan seru sekali, terlebih segala property, baju, lokasi, dan lainnya kami siapkan sendiri. :)













Senang sekali punya teman-teman dekat yang juga hobi foto-foto dan ada pula yang hobi memfoto. Kami cukup sering iseng foto-foto dengan 'niat' dan serius beramai-ramai sampai mencari lokasi foto yang jauh-jauh, misalnya sampai keluar kota! :D




Theres still so much more unique experiences yang saya dapatkan dari hobi difoto ini. Misalnya untuk iklan ini dan itu yang kadang mengharuskan saya memakai kostum-kostum unik. Dapat banyak teman, menghasilkan uang, senang pula! :)



Sekarang mungkin sudah sulit untuk saya bisa sering difoto seperti dulu ketika masih remaja *tsaahh* :D
Apalagi kini saya memiliki tanggung jawab utama sebagai istri dan ibu. Kini saya ber-hijab sehingga tak ingin lagi 'buka-bukaan' aurat seperti dulu untuk foto-foto. Well, mungkin someday boleh juga foto-foto dengan busana muslimah. ;)
Pun sekarang bentuk tubuh saya naik sangat drastis karena sedang hamil 9 bulan, but I believe someday I'll get my old look and shape back! Amiiinnnn. ;)
Alhamdulillah selama ini saya termasuk orang yang mudah sekali menurunkan berat badan. Namun ketika menyusui harus tetap diingat untuk menjaga asupan. Jangan sampai karena diet ingin segera kurus kembali, lalu bayi jadi mendapatkan ASI yang tak berkualitas. Harus tau prioritas dong!

Imo, kapan saja anda merasa ingin berfoto atau memfoto sesuatu.. Just do it right away! Or you'll missed the moment. Karena momen itu tidak akan pernah datang lagi. So, always took your camera wherever you go and remember that picture says a thousand words. :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar